Masih ingatkah ketika dahulu kala ada beberapa ponsel yang punya dual screen?

Yang saya ingat sekitar 13 tahun yang lalu, teman saya membawa ponsel model Clamshell merk Samsung, dan layarnya ada dua, canggih bener dah waktu itu.

Dan tentu saja sebagian dari kalian tau, Nokia punya seri Communicator yang muahalnya ampun-ampun zaman itu, best of the best phone mungkin ya di zamannya.

Karena itulah hingga saat ini saya masih terus menunggu ada gebrakan serius dari vendor ponsel untuk menciptakan fitur yang memang sih gak terlalu penting, tapi FUN!

Samsung di China sana masih menjual ponsel model flip atau clamshell yang punya dual display dengan OS Android dan dibekali specs kelas atas, sayangnya tidak masuk pasar global dan harganya juga relatif tinggi.

Samsung flip phone android dual screen

Akhirnya, Vivo yang katanya sudah mulai melakukan research dan pengembangan sejak 1,5 tahun yang lalu, baru saja meluncurkan Vivo NEX Dual Display.

Meskipun ketika mendengar kabar ini, saya sudah agak kehilangan antusias, tapi yang jelas, harapan saya sudah mulai terkabul.

Vivo NEX Dual Display

Di era yang serba full-view, kehadiran Vivo NEX Dual Display ini patut diapresiasi. Apalagi jeroan NEX Dual Display ternyata punya spesifikasi yang termasuk gahar dan kelas flagship.

Untungnya, harga Vivo NEX yang punya dua layar ini gak terlalu mahal loh. Cuma 10 jutaan. Setidaknya masih setara dengan Galaxy S series atau flagship lainnya. Kalau dibandingkan iPhone tentunya masih lebih murah NEX ini ya.

Harga Vivo NEX Dual Display (Dua Layar)

Harga Vivo NEX Dua Layar

Vivo NEX Dual Display Edition sudah bisa dipre-order di China dan akan dirilis pada 29 Desember 2018 nanti. Negara lain? Tunggu saja ya tidak lama lagi. Indonesia kebagian jatah gak nih? Kemungkinan besar sih Yes.

Harga Vivo NEX Dual Display di China dibanderol CNY 4,998 atau sekitar $720. Kalau dirupiahkan, harga NEX dua layar ini sekitar Rp 10.5 juta rupiah. Harga tsb hampir setara dengan Galaxy S9+ yang sebentar lagi akan digantikan S10.

Dan sekali lagi, NEX Dual Display termasuk ponsel flagship, spesifikasinya berkelas, seperti apa?

Spesifikasi Vivo NEX Dual Display Edition

Pertama ngomongin layarnya, NEX Dual Display menggunakan jenis Super AMOLED resolusi 1080 x 2340 ukuran 6.39 inci. Layar ini menjadi layar utama di bagian depan, memenuhi hampir seluruh bagian depan ponsel, sehingga ratio layar ini juga sangat tinggi, 19.5:9.

Layar belakang menggunakan jenis yang sama; sAMOLED namun resolusinya 1080 x 1920 dengan ukuran 5.49 inch. Masih tergolong besar untuk sebuah layar tambahan bukan?!

Spesifikasi Vivo NEX Dual Display

NEX Dual Display juga sudah menggunakan Android Pie 9.0 dengan UI khas yakni Funtouch OS 4.5.

Dengan dua layar tsb, NEX Dual Display punya bobot 199 gram saja, masih tergolong standar di kelas ponsel layar besar ini.

Masuk ke dalam, NEX Dual Display dibekali Qualcomm Snapdragon 845 yang sayangnya akan menjadi sedikit jadul karena tahun depan memasuki eranya Snapdragon 855. Namun pada dasarnya performa SD 845 sudah sangat mencukupi karena memang merupakan chipset flagship dari Qualcomm. GPU tentu saja pakai Adreno 630 yang sanggup memainkan berbagai jenis game.

Spesifikasi Vivo NEX dua layar

Chipset tangguh tsb ditemani storage 128 GB tanpa ada slot microSD, serta kapasitas RAM yang besar; 10 GB. Gaming atau editing tentunya bakal asyik tanpa kendala berarti di NEX Dual Display.

Fitur fotografi juga tak diabaikan, ada kamera resolusi 12 MP f/1.8 di belakang yang juga dilengkapi 4-axis OIS serta dual pixel PDAF. Lalu ada tambahan kamera 2 MP f/1.8 yang berguna untuk depth sensing. Serta tersedia juga TOF camera f/1.3 yang berguna untuk fungsi-fungsi termasuk face unlock. Rekam video menggunakan kamera utama bisa sampai 2160p.

Bagaimana dengan kamera selfie?

Oh sepertinya kamu gak akan butuh itu. Pasalnya, dengan adanya layar kedua di belakang yang punya fungsi penuh untuk berbagai aktivitas, tentu kamera selfie tidak lagi dibutuhkan.

Kalau mau selfie, maka pakai saja kamera utamanya yang punya OIS dan PDAF, jaminan bisa menghasilkan salah satu foto selfie terbaik saat ini 😀

Harga Vivo NEX Dual Display

Lalu NEX Dual Display juga tentu punya fitur-fitur khas smartphone android seperti WiFi a/b/g/n/ac dual band, Bluetooth 5.0, GPS, USB Type-C, USB OTG, Dual SIM, dan beberapa sensor penting.

Yang menarik, adalah adanya fitur Fingerprint sensor pada layar depannya. Membuka kunci ponsel bisa menggunakan face unlock jika dari belakang, atau menggunakan in display fingerprint jika menatap masa depan, eh layar depan.

Harga Vivo NEX Dua Layar

Penopang daya NEX Dual Display dipercayakan pada baterai 3500 mAh saja, memang sedikit kurang besar mungkin ya, tapi NEX Dual Display juga punya fitur Fast battery charging dengan output 10V/2.25A.

Overall, Vivo NEX Dual Display Edition ini punya fitur dan spesifikasi yang lengkap dan mencukupi. Kehadiran layar kedua bisa menjadi fitur unik yang mungkin NEX adalah satu-satunya pilihan saat ini. Adanya layar kedua ini juga berefek pada fungsi ponsel lainnya yang juga lebih unik dibanding ponsel android pada umumnya.

Bagaimana menurut kamu? Tertarik untuk memiliki Vivo NEX Dual Display?

Dual Camera? BASI! Ini ponsel dengan Dual Display!
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *