Beberapa tahun terakhir, Samsung selalu memperbarui jajaran ponsel Galaxy seri A mereka setiap tahunnya. Seperti biasa, bocoran-bocoran The Next Galaxy A series muncul menjelang akhir tahun.

Galaxy A5 2018 diprediksi akan meluncur secara resmi di awal tahun 2018, kira-kira bulan Februari. Namun sebelum peluncuran, kemungkinan akan ada beberapa bocoran spesifikasi hingga bahasa desain yang diusung. Mari berharap desainnya akan mendekati seri flagship ya, full front screen design?

Baru-baru ini, muncul bocoran Galaxy A5 2018 pada Geekbench yang ternyata menggunakan chipset Exynos 7885, chipset ini merupakan pengganti Exynos 7880 yang kini digunakan di Galaxy A5 2017.

Exynos 7885 gosipnya akan menggunakan dua inti chip Cortex-A73 bersama 6 inti Cortex-A53. Ini tentu merupakan kabar baik karena performanya akan semakin baik lagi.

Sebelumnya, Geekbench menampilkan bocoran Galaxy dengan kode SM-A5300 dengan chipset Snapdragon 660, kemungkinan, itu adalah Galaxy A5 2018 versi Qualcomm. Bagaimana perbandingan performanya dibanding Exynos 7885.

Seperti kita ketahui, Snapdragon 660 adalah chipset kelas menengah atas dengan performa yang sangat tangguh. Sedangkan Exynos 7880 saat ini, masih tergolong chipset menengah ke bawah.

Ternyata, hasil score benchmark keduanya, menghasilkan score yang mirip untuk performa single-core, namun versi Snapdragon memiliki score lebih tinggi pada multi-core test.

Ini merupakan hal baik. Karena, itu artinya Exynos 7885 akan memiliki performa yang mendekati bahkan mirip dengan Snapdragon 660. Kita orang Indonesia, sebaiknya tak perlu berharap versi Snapdragon masuk resmi ke Tanah Air. Seperti biasa, kemungkinan kita akan mendapatkan versi Exynos, namun ini bukan berita buruk mengingat performanya akan sangat baik juga.

Versi Galaxy A5 2018 dengan chipset Snapdragon, kemungkinan hanya akan dirilis di China.

Diprediksi, kapasitas memory RAM Galaxy A series 2018 akan ditambah, menjadi 4 GB atau 6 GB tergantung modelnya. Versi RAM besar kemungkinan akan ditujukan untuk pasar China, mengikuti chipset Qualcomm.

OS standar yang digunakan kemungkinan masih Android Nougat 7.1 mengingat Android Oreo masih sangat baru.

Bagaimana harganya?

Prediksi kami, jika desain yang digunakan mengikuti sang flagship yakni layar lebih besar namun bezel tipis, kemungkinan harganya juga akan naik. Namun seiring waktu, harga Galaxy A5 biasanya bertahan di angka 5 jutaan rupiah. Kita tunggu saja kehadiran Galaxy A5 2018 ini.

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2018, Snapdragon 660?
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *