Di event MWC kemarin, ternyata HP juga ikut meramaikan, dan satu produk yang ikut memeriahkan event ini adalah HP Pro X2.

HP Pro X2 ini merupakan device hybrid, dibekali OS Windows 10, dan dibekali dengan stylus serta keyboard yang bisa dilepas.

Laptop atau tablet, itu pertanyaan yang saat ini perlu dipertimbangkan. Laptop masih sangat dibutuhkan, namun tablet yang sangat compact, bisa dibawa kemana-mana dengan lebih mudah, serta fungsi yang lebih lengkap termasuk layar sentuh.

Karena itulah lahir laptop-tablet hybrid untuk menggabungkan kemampuan laptop dan tablet sekaligus dalam satu device.

Spesifikasi HP Pro X2

HP Pro X2 ini dibekali ukuran layar besar, 12 inch dengan resolusi Full HD. Seperti disebutkan sebelumnya, keyboardnya bisa dilepas dan kita bisa gunakan HP Pro X2 ini layaknya tablet. Adanya stylus juga tentu sangat memudahkan, apalagi untuk artist atau designer.

Bukan hanya itu, keunggulan HP Pro X2 sebenarnya jika dibanding banyak rivalnya, adalah ketahanannya.

HP Pro X2 ini mengantongi MIL-STD-810G test sehingga membuat device ini sangat tangguh di berbagai kondisi. Jika dirasa tidak cukup, masih bisa ditambah casing protektor.

Seperti umumnya sebuah laptop, HP Pro X2 ini akan tersedia dengan beberapa pilihan prosesor. Semuanya menggunakan Intel Kaby Lake yang merupakan generasi paling baru dari Intel. Tersedia pilihan mulai dari seri teratas dengan Core i7, hingga Core M3 yang hemat daya. Bahkan tersedia juga pilihan dengan Intel Pentium.

Memory yang tersedia adalah 8 GB RAM dan 512 GB SSD. Biasanya RAM dan storage ini juga mengikuti spesifikasi prosesornya, alias kemungkinan akan ada beberapa pilihan juga.

Harga HP Pro X2

Untuk gaming, laptop ini masih terbatas karena hanya mengandalkan HD Graphics 615 sebagai standar yang merupakan graphics onboard.

Yang menarik, laptop-tablet hybrid ini mendukung 4G LTE selain WiFi serta dibekali slot untuk microSD card. Belum diketahui apakah semua varian dibekali fitur mobile broadband network ini.

HP Pro X2 ini juga dibekali kamera 8 MP, nice. Walaupun sepertinya akan jarang digunakan.

Di website resminya, HP Pro X2 ini dibanderol mulai $1,399 dolar atau sekitar 18 jutaan rupiah. Harga yang tergolong tinggi untuk sebuah laptop. Masuk akal jika fitur-fitur termasuk 4G tersedia di berbagai varian.

Menimbang bahwa tablet-laptop hybrid ini dibekali ketahanan ala militer, lalu dibekali juga dengan stylus, harga tsb sepertinya masih menarik bagi sebagian orang.

Alternatif saat ini untuk Windows 10 tablet hybrid, adalah Microsoft Surface, Galaxy Book, dan banyak laptop hybrid lainnya. Namun dua hybrid pertama tsb, juga sama-sama mendukung stylus untuk productivity.

HP Pro X2, Untuk Anda yang “Laki!” MIL-STD!!!
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *